Tips dan Trik Servis Motor

by - April 27, 2024





Motor yang terawat akan mempunyai tarikan yang enteng dan tenaga powerfull sehingga bisa untuk menempuh beragam jenis jalanan. Tips dan trik servis motor cukup mudah, ada beberapa yang bisa dilakukan sendiri sehingga menghemat biaya. Namun untuk beberapa pengecekan sebaiknya dipercayakan kepada teknisi yang sudah berpengalaman.

Sebagai salah satu jenis sarana transportasi, peran motor sangat penting dalam menunjang mobilitas. Karena itu Anda harus selalu memastikan bahwa kondisinya prima dengan servis secara rutin untuk memastikan semua spare part bekerja maksimal. 

Cara Merawat Motor yang Baik

Merawat motor perlu ketelitian dan ketelatenan. Kerusakan kecil yang terjadi jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan kerusakan pada bagian yang lain. Ini yang menjadikan biaya perawatannya semakin mahal. Agar motor kesayangan selalu dalam keadaan prima, bisa melakukan perawatan dengan cara berikut: 

1. Cuci secara rutin

Menjaga kebersihan motor sangat penting. Tidak hanya agar terlihat lebih kinclong dan terawat, tetapi juga berkaitan dengan performa kendaraan itu sendiri. Kotoran yang tidak dibersihkan bisa masuk ke bagian mesin dan karburator yang dapat menghambat kinerjanya. 

Untuk membersihkan motor kesayangan bisa dilakukan sendiri di rumah atau membawanya ke jasa cuci steam. Selain dibersihkan, biasanya bagian bodi dan ban akan dioles dengan semir tertentu untuk menjaga warnanya. 

2. Pastikan menggunakan suku cadang resmi

Pabrik motor sudah menyediakan spare part resmi sebagai ganti apabila ada kerusakan. Pastikan Anda hanya menggunakan spare part yang sesuai untuk kendaraan. Kesalahan dalam penggantian komponen motor bisa menyebabkan komponen lain menjadi rusak. 

3. Rutin membersihkan karburator

Sebaiknya Anda secara rutin membawa kendaraan ke bengkel resmi untuk mengecek mesin dan bagian karburator. Karburator yang kotor menyebabkan kecepatannya turun sehingga tidak bisa menghasilkan performa maksimal, bahkan bisa jadi tidak kuat untuk menempuh tanjakan. 

4. Lumasi rantai

Rantai mempunyai peran dan fungsi penting motor. Bagian ini bertugas menarik roda sehingga berputar dan dapat melaju dengan kencang. Karena tugasnya yang berat, apalagi jika sering digunakan untuk menempuh jarak jauh dan medan yang rusak menyebabkan rantai cepat aus. 

Sebagai antisipasi, sebaiknya Anda melumasi rantai secara berkala menggunakan oleh. Dengan melumasinya tidak hanya kemampuan dalam menarik roda yang maksimal, tetapi juga menjadikan rantai tidak mudah putus. 

5. Cek tekanan ban

Tekanan ban yang sesuai sangat penting dalam keselamatan berkendara. Jika tekanan terlalu kuat atau terlalu lemah, ban bisa oleng sehingga dapat menyebabkan kecelakaan, selain itu juga akan mudah kempes sehingga Anda perlu menggantinya. 

Setiap kendaraan mempunyai dua jenis ban, yaitu ban dalam dan ban luar. Ban dalam berfungsi untuk menjaga angin sehingga ketebalannya perlu mendapat perhatian. Sedangkan ban luar selain berfungsi melindungi ban dalam juga mencengkeram jalan agar tidak mudah terjatuh. Jika batikan ban luar sudah gundul harus segera menggantinya. 

Untuk servis motor, jangan sembarang memilih bengkel. Sebagai alternatif Anda bisa membawa kendaraan tersebut ke Planet Ban untuk servis motor terdekat. Bengkel modern ini ditangani oleh teknisi terpercaya yang sudah berpengalaman. 

Setiap melakukan servis, teknisi akan menjelaskan secara detail kondisi kendaraan dan memberikan saran perawatan serta bagian mana yang perlu segera diganti. Dengan demikian Anda bisa menjaga performa dan kenyamanan dalam berkendara. 

Menerapkan tips dan trik servis motor sangat penting agar umur pakai kendaraan lebih lama dan menjaga keamanan selama berkendara. Untuk melakukan servis motor terdekat dari rumah Anda, percayakan kepada Planet Ban.


Salam satu aspal,

You May Also Like

19 komentar

  1. Planet ban ini emang rekomended banget dehhh...aku tahunya dulu cuma tempat ganti/jual beli ban gt tapi ternyata melayani aneka servis jugaa loooo...dan pelayanan nya gak kaleng2 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget ka, sekarang mau servis motor terpercaya udah deket banget dari rumah. Bisa di Planet Ban

      Hapus
  2. Yang penting rutin service ya motor biar awet ga rewel saat digunakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, apalagi sekarang kalau mau service motor udah deket banget dari rumah ga ada alasan buat lupa sih yaa harusnya haha

      Hapus
  3. Wah servis motor di planet ban rekomended banget ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget ka, recomended banget pokoknya

      Hapus
  4. Aku punya pengalaman setahun gak cuci motor karena memang gak kotor, dan jarang dibawa jarak jauh. Eh, ternyata ada kotoran yang susah hilang.
    Untuk perawatan motor aku selalu percayakan pada bengkel motor terpercaya, seperti Planet Ban. Pernah service di Planet Ban dan memang pelayanannya oke.

    BalasHapus
  5. Aku juga kalo service, ganti ban dan lain-lain biasanya di planet ban. Sering juga isi angin di sana karena gratia hehe

    BalasHapus
  6. Planet ban ini sudah menjadi buah bibir ya kak, tempat service motor yang bisa dihandalkan pokoknya.

    BalasHapus
  7. Planet ban temoat langganan suami buat service dan ganti oli sih

    BalasHapus
  8. paling khawatir kalau ban bermasalah, soalnya suami saya kerjanya pakai sepeda motor. setiap hari saya cerewetin deh agar tidak lupa cek ban dan kondisi motor

    BalasHapus
  9. Wih, ilmu baru nih apalagi buat ciwi-ciwi yang awam banget soal permotoran. Selama ini akupun gatau kalau service motor tuh apanya yg dibenerin huhuhu.

    BalasHapus
  10. Bener banget motor harus dirawat dengan baik salah satunya dengan rutin membersihkan motor Setelah pemakaian terus cek tekanan ban juga dan aku paling senang sih Kalau servis motor di Planet Ban Soalnya cepet dan harganya juga affordable

    BalasHapus
  11. Aku tu paling bawel kalau ban motor agak kempes. Soalnya nggak enak dipakai dan bikin ban motor cepet rusak. Btw mau dong kak rekomendasi ban motor matic dari Planet Ban

    BalasHapus
  12. tipsnya bermanfaat sekali buat saya yang jarang sekali ngurus motor dan akhirnya saya jadi tahu mengenai tips dan trik servis motor agar tidak terlewat

    BalasHapus
  13. Jadi masalahnya di karburator ya kalo pas tanjakan ga kuat power nya aku pernah pakai motor yang aku pinjam, aku udah full narik gas tapi dia kaya slow motion heheh pasti karburator belum di servis ya

    BalasHapus
  14. Sy juga pelanggan setia planet ban kak,
    kemarin sebelum mudk service disana murah, ramah, sekaligus ganti ban dapat promo. lumyan.

    BalasHapus
  15. Servis motor tuh idealnya berapa kali setahun ya? Perlu rutin bulanan kah?

    BalasHapus
  16. Aku suka poin dua, aku juga kalo service selalu di tempat suku cadang yang resmi. Karena lebih trusted dan enak kita udah tahu harganya terlebih dahulu sebelum dilakukan perbaikan

    BalasHapus